Senin, 21 Januari 2013

Kandungan Buah Tomat bagi kesehatan (Solanum Lycopersicum Linn)

Tomat yang memiliki nama latin Solanum Lycopersicum Linn kaya kandungan mineral dan vitamin, diantaranya vitamin B,C dan K. Komponen gizi yang ada dalam tomat sangat membantu metabolisme tubuh dan membantu membersihkan usus dan perut serta mengatasi maslah pencernaan dan sembelit. Kandungan karoten likopen, kalium, kalsium, zat besi, fosfor dan yodium yang ada di dalam tomat mampu meredakan rasa nyeri penderita asam urat. Tomat yang diambil sarinya juga dapat membantu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Buah ini sangat baik digunakan sebagai pembersih hati, terutama jika dicampur dengan jus sayuran hijau. Tomat juga kaya vitamin yang berguna, baik untuk pembersih darah dan makanan pemulih kesehatan. Memar-memar akibat benturan juga bisa disembuhkan dengan membalut tomat dibagian tubuh yang terluka. Dalam kondisi ini tomat bereaksi sebagai agen pelaur, sehingga darah yang tersumbat bisa kembali lancar. Selain itu, tomat mempunyai tipe karoten jenis lycopene yang berfungsi sebagai agen antikanker.

Suatu penelitian mengumumkan bahwa tomat juga berfungsi untuk mencegah usus buntu akut. Tomat juga dapat digunakan untuk mengobati arthritis. Hali ini kemungkinan adanya senyawa dalam beta karoten yang berpengaruh menguntungkan terhadap kolagen. Dengan demikian, integritas substansi dasar tetap terjaga serta jaringan tubuh tetap bersatu dan tidak bercerai berai. Namun sebagian bear asam sitrat yang terkandung dalam tomat dapat bereaksi basa ketika masuk kedalam aliran darah.

0 komentar:

Posting Komentar

Breaking News
Loading...
Quick Message
Press Esc to close
Copyright © 2013 Ayo Hidup Sehat All Right Reserved