Selasa, 09 April 2013

Tahukah Anda Ternyata Indonesia Berhutang Budi Pada Palestina


Pengetahuan Umum Perguruan Tinggi ASIA
Tahukah Anda Ternyata Indonesia Berhutang Budi Pada Palestina

Sukarno-Hatta bisa saja memproklamasikan kemerdekaan RI de facto pada 17 Agustus 1945, namun butuh diingat bahwa untuk berdiri ( de jure ) sebagai negara yang berdaulat, Indonesia memerlukan pernyataan dari bangsa-bangsa lain. Pada poin ini kita tertolong karenanya ada pernyataan dari tokoh tokoh timur sedang, hingga negara Indonesia dapat berdaulat. 

Pasalnya, yaitu palestina adalah di antara negara yang membanting-tulang untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia dari belenggu penjajahan imperium belanda, portugis serta jepang. 

Gong dukungan untuk kemerdekaan Indonesia ini diawali dari palestina serta mesir, layaknya diambil dari buku “diplomasi revolusi Indonesia di luar negeri” yang ditulis oleh ketua panitia pusat perkumpulan kemerdekaan Indonesia , m. zein hassan lc. 

Di jalan-jalan berlangsung demonstrasi- demonstrasi dukungan pada Indonesia oleh penduduk timur sedang. saat berlangsung serangan inggris atas surabaya 10 november 1945 yang menewaskan beberapa ribu masyarakat surabaya, demonstrasi anti belanda-inggris merebak di timur-tengah terutama mesir. Sholat ghaib dikerjakan oleh penduduk di lapangan-lapangan serta masjid-masjid di timur sedang untuk beberapa syuhada yang gugur didalam pertempuran yang amat dahsyat itu. 

Yang mencolok dari gerakan massa internasional yaitu saat momentum pasca agresi militer belanda ke-1, 21 juli 1947, pada 9 Agustus  waktu kapal “volendam” punya belanda pengangkut serdadu serta senjata sudah tiba di port said. 

Beberapa ribu masyarakat serta buruh pelabuhan mesir yang dimotori gerakan ikhwanul muslimin, berkumpul di pelabuhan itu. mereka menggunakan beberapa puluh motor-boat dengan bendera merah-putih – sinyal solidaritas- berkeliaran di permukaan air manfaat mengejar serta menyingkirkan blokade pada motor-motor- boat perusahaan asing yang pingin menyuplai air & makanan untuk kapal “volendam” punya belanda yang berusaha melalui terusan suez, sampai kembali ke pelabuhan.

Lantas motor boat besar pengangkut logistik untuk “volendam” bergerak dengan dijaga oleh 20 orang polisi bersenjata beserta mr. blackfield, konsul honorer belanda asal inggris, serta direktur perusahaan pengurus kapal belanda di pelabuhan. tetapi perihal itu tidak menyurutkan perlawanan beberapa buruh mesir.. 

Kenapa Indonesia mesti menolong palestina.. ? ? ? 
Sesuai dengan paragraph pertama pembukaan uud 1945. palestina sebagai sesuatu negara terjajah yang sudah lama rasakan penjajahan bangsa asing, umat islam butuh bergerak untuk menghentikan penjajahan atas israel. Hubungan yang telah terjalin telah sejak perang kemerdekaan amat aktif mendorong kemerdekaan Indonesia. 

Perduli pada bangsa palestina yaitu bentuk rasa terima kasih kita sebagai bangsa yang sudah merdeka. disamping itu untuk umat islam masjid al-aqsha yaitu masjid suci, sama juga dengan masjidil haram di makkah serta masjid nabawi di palestina. membelanya serta mensucikannya dari pelecehan dan penistaan zionis israel yaitu keharusan. 

M. Zein Hassan lc. lt. sebagai pelaku sejarah, menyebutkan didalam bukunya pada perihal. 40, menjelaskan perihal peranserta, opini serta dukungan nyata Palestina pada kemerdekaan Indonesia, di waktu negara-negara lain tidak berani untuk mengambil keputusan sikap. 

Dukungan Palestina ini diwakili oleh syekh muhammad amin al-husaini -mufti besar Palestina- dengan terbuka mengenai kemerdekaan Indonesia : pada 6 september 1944, radio berlin berbahasa arab menyiarkan ‘ucapan selamat’ mufti besar Palestina amin al-husaini ( beliau melarikan diri ke jerman pada permulaan perang dunia ke dua ) pada alam islami, bertepatan ‘pengakuan jepang’ atas kemerdekaan Indonesia. 

Berita yang disiarkan radio tersebut dua hari berturut-turut, kami sebar-luaskan, apalagi harian “al-ahram” yang populer telitinya juga menyiarkan. syekh muhammad amin al-husaini didalam kapasitasnya sebagai mufti Palestina juga sudi menyongsong kehadiran delegasi “panitia pusat kemerdekaan Indonesia” serta berikan dukungan penuh. Momen bersejarah tersebut sedikit diketahui generasi saat ini, barangkali juga beberapa pejabat dinegeri ini. 

Apalagi dukungan ini sudah diawali 1 tahun sebelum saat Sukarno-Hatta betul-betul memproklamirkan kemerdekaan RI. 

Karena itu, telah sepantasnya rakyat Indonesia menolong rakyat Palestina yang memerlukan dukungan moril untuk kemerdekaan dari belenggu zionis israel. kesamaan historis dengan Indonesia menumbuhkan harapan melewati konferensi internasional al quds serta Palestina. 

Rakyat Indonesia menuntut segera terwujudnya kemerdekaan Palestinadari penjajahan zionis israel, sebut steering committee international conference for the freedom of al quds and palestine ( icfqp ) aqsa working group Indonesia untuk yakhsyallah mansur.

0 komentar:

Posting Komentar

Breaking News
Loading...
Quick Message
Press Esc to close
Copyright © 2013 Ayo Hidup Sehat All Right Reserved