Kamis, 31 Januari 2013

Kayu Manis Cina

Kayu Manis Cina atau dengan nama ilmiah Cinnamomum cassia Presl memiliki ciri umum antara lain termasuk famili lauraceae. Nama asing tanaman ini adalah chinese kaneel, chinesse cinnamomum, atau bastard cinnamomum. Berupa pohon setinggi 5-15meter. Daun lonjong, Permukaan licin, permukaan bawahnya bertepung dengan warna keabuan, pajang 4-14 cm dan lebahr 1,5cm-6cm. Warna daun mudah merah pucat, memiliki pertulangan tiga, panjang tangkai daun, 0,5-1,5cm. Kulit batanya berbau khas. Perbungaan Malai, berbulu halus kelabu yang tertekan pada permukaan. Panjang gagang bunga 4-12mm, memiliki bulu halus di sekitarnya. Panjang tenda bunga 4-12 mm.

Kandungan kimia kulit kayunya mengandung cinnamic aldehyde, cinnamyl acetate, cinnzeylanol, cinnzeylanine, phenylpropyl acetate, tanin dan saffrol. Buah mentahnya mengandung cinnamic aldehyde, coumarin, trans-cinnamic acids, beta sitosterol, choline, protocatechuric acid, dan syringic acid.

Khasiat dan manfaat kayu manis cina adalah kulitnya bersifat pedas, manis dan sedikit beracun (toksik). Masuk meridian ginjal, limpa dan kandung kemih. Menguatkan 'Yang' menghangatkan limpa dan ginjal, melancarkan peredaran darah, menghilangkan sakit, menambah nafsu makan (stomakik) dan peluruh kentut (karminatif). Ranting mudanya pedas, manis dan hangat. Masuk meridian kantong kemih, jantung dan paru-paru. Peluruh keringat (diaforetik), mengendurkan otot (muscle relaxant) menghangatkan dan melancarkan sirkulasi di meridian serta melancarkan pernapasan. Selain itu tanaman ini juga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, menghilangkan nyeri pada ujung jari dan mengobati tumor pada perut.

Bagian yang digunakan
Kulit kayu dan ranting RJDU3F3BWCCZ

0 komentar:

Posting Komentar

Breaking News
Loading...
Quick Message
Press Esc to close
Copyright © 2013 Ayo Hidup Sehat All Right Reserved