Selasa, 22 Januari 2013

Pola Hidup dan Pola Makan Sehat

Berikut ini beberapa anjuran pola hidup dan pola makan sehat yang dapat dilakukan untuk mengurangi angka penurunan fungsi pencernaan dan meningkatkan kesehatan seluruh fungsi tubuh untuk mencegah resiko kolesterol, gangguan jantung, hipertensi, dan stroke.


  1. Sesaat setelah bangun tidur, minum air putih hangat yang telah dicampur dengan sedikit air jeruk nipis atau lemon atau sari jahe atau kayumanis. Kebiasaan ini baik untuk melancarkan pencernaan.
  2. Makan 3-6 kali sehari dengan porsi kecil. hal in baik dilakukan daripada sekali makan dengan porsi besar atau berlebih. Pasalnya lembung memiliki porsi tertentu dalam mencerna makanan.
  3. Jangan lupa makan pagi, walaupun hanya sepotong makanan atau segelas jus buah. Terlalu banyak menkonsumsi makanan keras pada pagi hari karena akan menguras energi untuk mencerna sehingga membuat tubuh cepat lelah dan membuat kantuk sepanjang pagi.
  4. Jangan menahan lapar hanya karena belum masuk waktu makan. Selain tidak bijaksana, kebiasaan tersebut akan merangsang napsu makan menjadi tidak terkendali. Jika lapar datang sebelum waktu makan tiba, konsumsilah buah segar atau cemilan sehat dan bergizi secukupnya.
  5. Tidak baik makan sambil minum banyak. Minum jus sebaiknya dilakukan 15 menit sebelum makan dan minum air putih satu jam setelah makan. idealnya tubuh akan membuat enzim sendiri tanpa bantuan cairan dari luar. Jus akan membantu meningkatkan derajat keasaman lambung sebelum makanan masuk sehingga cukup untuk mengolah makan. Waktu makan dan minum yang berdekatan akan menurunkan keasaman yang terbentuk.
  6. Jangan mengkonsumsi makanan yang terlalu panas atau dingin. Makanan yang mempunyai perbedaan suhu yang besar dengan suhu tubuh akan menurungkan fungsi enzim dalam tubuh yang berguna dalam pencernaan.
  7. Sebaiknya konsumsi makanan yang masih segar atau makan yang baru dimasak.
  8. Jangan makan tergesa-gesa. Makanlah dengan perlahan, sedikit demi sedikit sambil menikmatinya.
  9. Hindari konsumsi makanan berat, makanan manis, atau makanan keras ketika sedang tergesa-gesa, stress atau sedang banyak pikiran.
  10. Hati-hati mengkonsumsi makanan Fast Food, makanan instant atau siap saji lainnya secara berlebihan.
  11. Variasikan menu makanan anda setiap hari, tujuannya agar tubuh tidak kelebihan dosis salah satu kandungan gizi makanan tertentu yang justu akan merugikan kesehatan.
  12. sesekali menyantap makanan berlemak seperti nasi, daging, bakmi, atau campuran cumi dan kepiting. Tidak akan menimbulkan efek buruk asal tidak berlebihan.

0 komentar:

Posting Komentar

Breaking News
Loading...
Quick Message
Press Esc to close
Copyright © 2013 Ayo Hidup Sehat All Right Reserved