Senin, 08 April 2013

Asal Usul Miringnya Menara Pisa


Asal Usul Miringnya Menara Pisa

Menara miring pisa ( didalam bhs italia : torre pendente di pisa ) atau yang biasa dimaksud the tower of pisa ( la torre di pisa ) yaitu sesuatu menara lonceng dari sesuatu katedral di kota pisa, italia. menara ini terdapat di belakang katedral serta adalah susunan ketiga di campo dei miracoli ( keajaiban ) pisa. 

Meskipun gagasan awal mulanya dibangun dengan vertikal, menara itu mulai miring ke arah tenggara segera sesudah dikerjakan konstruksi di th. 1173, karena pondasi yang tidak prima. 

Tinggi dari menara tersebut yaitu 55, 86 km dari permukaan tanah di segi paling rendah, serta 56, 70 m di segi yang paling tinggi. lebar alas bangunan itu yaitu 4, 09 m serta lebar puncaknya yaitu 2, 48 m. berat menara ini diperkirakan 14, 500 ton serta mempunyai 294 anak tangga. 

Konstruksi dari menara pisa dibangun didalam tiga step, yang mengonsumsi waktu lebih kurang 200 th.. konstruksi marmer putih di lantai pertama diawali pada tanggal 9 agustus 1173, pada saat kejayaan militer serta kemakmuran italia. lantai pertama ini dikelilingi oleh sebagian pilar serta meskipun posisinya miring, tetapi terus tahan sepanjang berabad-abad. 

Ada kontroversi sekitar identitas dari arsitek yang membangun menara miring pisa. sepanjang bertahun-tahun, design tersebut dibikin oleh guglielmo serta bonanno pisano, artis lokal kenamaan di abad ke-12, yang populer dengan karya perunggunya, terutama pada karyanya pisa duomo. 

Bonanno pisano meninggalkan pisa di th. 1185 serta geser ke monreale, sicilia, tetapi lantas kembali lagi serta meninggal di tanah kelahirannya itu. makamnya ditemukan di basic tower di th. 1820. 

Menara itu pertama kali miring sesudah lantai ketiga dibangun di th. 1178, karena amblasnya pondasi sedalam tiga mtr., akibat pergerakan tanah. ini bermakna bahwa design dari menara tersebut sudah cacat sejak awal mulanya. 

Konstruksi dihentikan sesaat sepanjang nyaris seabad lamanya, dikarenakan beberapa warga pisa nyaris terlibat peperangan dengan genoa, lucca serta florence. sepanjang masa ‘istirahat’ ini, susunan tanah di bawahnya sudah kembali stabil. serta di th. 1198, dipasang jam untuk sesaat pada bangunan yang tetap belum tuntas itu. 

Di th. 1272, bangunan itu dilanjutkan kembali oleh giovanni di simone, arsitek dari camposanto. lantai keempat dibangun untuk mengimbangi kemiringan dari menara ini. pembangunan kembali dihentikan di th. 1284, waktu pisa ditaklukan oleh genoa didalam pertempuran meloria. 

Pembangunan menara lonceng ini tidak selesai terhenti sampai 1372. sesudah itu, tommaso di andrea pisano sukses merampungkan elemen-elemen gothic dari menara tersebut, memberikan sentuhan style roma. ada tujuh lonceng pada menara tersebut, yang tiap-tiap mewakili not pada suara. lonceng yang terbesar dipasang pada th. 1655.


0 komentar:

Posting Komentar

Breaking News
Loading...
Quick Message
Press Esc to close
Copyright © 2013 Ayo Hidup Sehat All Right Reserved